FOCUS GROUP DISCUSION: CUKAI DAN BENCANA KESEHATAN COVID-19 DI INDONESIA


Bagaimana “Cukai” dimaknai dan digunakan sebagai sebuah instrument “pengendalian” di Indonesia?, kebijakan evaluasi dan ekstensifikasi produk kena cukai di Indonesia yang sejatinya dapat digunakan untuk membantu pembangunan kesehatan seperti “Bencana Kesehatan” COVID 19 tidak diupayakan serius. SAAT INI adalah waktu yg tepat Kenaikan cukai Hasil Tembakau setinggi2nya, karena “industri ” ini yg Nyata melahirkan eksternalitas negatif pada Masyarakat dan menjadikan Masyarakat sangat “rentan” terhadap bencana kesehatan. Alternatif ekstensifikasi /perluasan barang kena cukai yang dapat menaikkan pendapatan negara serta pengendalian dampak negatif produk terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sudah seharusnya dilakukan. Dan hikmah bencana COVID 19 ini, Indonesia seharusnya mengakseksi FCTC (Framework Convention Tobacco Control) guna melindungi rakyat Indonesia dan mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Panjang Nasional.

Untuk itu CHED ITB Ahmad Dahlan akan menggelar Focus Group Discusion dengan mengangkat tema ” CUKAI DAN BENCANA KESEHATAN COVID-19 DI INDONESIA” diskusi ini menghadirkan narasumber yang pastinya sangat kompeten dibidangnya. Ada Bapak Mukhaer Pakanna, Budi Setyawan, Dr. Lily, Dr. Corona,  Pak Sarno, Dr. Cut Putri, yang akan dipandu langsung oleh ketua CHED ITB Ahmad Dahlan.

FGD ini siap menemani siang kamu dengan diskusi yang bisa nambah wawasan kamu. Yuk catat waktunya: Jumat, 17 April 2020. Mulai Pukul 13.30 WIB – Selesai. Tonton FGD ini melalui Aplikasi Google Meet

informasi lebih lanjut bisa kontak kami melalui: WA: 0822 4526 9158 (Devi)